Sabtu, 12 Mei 2012

UTS Telaah Kurikulum


1.      Apa manfaat kurikulum bagi guru dan kepala sekolah? Menurut saya kurikulum bagi seorang guru bermanfaat untuk mempermudah memberi materi kepada anak secara bertahap,serta mempermudah dalam mengatur jadwal pelajaran bagi guru, serta untuk mengetahui standar kompetensi yang harus dicapai,sebagai pedoman ruanglingkup materi yang disajikan.
Sedangkan manfaat kurikulum bagi kepala sekolah menurut saya adalah mempermudah membagi jam tugas guru, dan untuk menetapkan guru bidang studi sesuai dengan latar pendidikan masing-masing, serta mengetahui kekurangan dan kelebihan jam mengajar guru.
2.      Mengapa kurikulum harus berubah dari waktu ke waktu? Menurut saya Perubahan kurikulum yang terjadi di indonesia salah satu penyebabnya adalah karena ilmu pengetahuan itu sendiri  tidak selalu tetap. Selain itu, perubahan tersebut juga dinilainya dipengaruhi oleh kebutuhan manusia yang selalu berubah juga pengaruh dari luar, dimana secara menyeluruh kurikulum itu tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh ekonomi, politik, dan kebudayaan. Sehingga dengan adanya perubahan kurikulum itu, pada gilirannya berdampak pada kemajuan bangsa dan negara. Kurikulum pendidikan harus berubah tapi diiringi juga dengan perubahan dari seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia yang harus mengikuti perubahan tersebut, karena kurikulum itu bersifat dinamis bukan stasis, kalau kurikulum bersifat statis maka itulah yang merupakan kurikulum yang tidak baik. Kurikulum itu adalah ‘landasan pacu’ pencapaian tujuan pendidikan. Kalau suatu sistem pendidikan misalnya sekolah kejuruan SMK ‘menghasilkan’ lulusan yang tidak mampu menjadikan peserta didik cakap melaksanakan hal-hal yang berhubungan dengan kejuruannya, dan hal ini pasti dikarenakan ada sesuatu yang bermasalah dalam kurikulumnya, maka dari itu perubahan kurikulum sangat penting. Perubahan kurikulum juga dilakukan dengan alasan memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia supaya lebih baik, disertai harapan sumber daya manusia di Indonesia pun juga akan semakin berkualitas. Selanjutnya penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan.

3.      Kurikulum seperti apa mengimplementasikan pendidikan karakter sehingga lulusan pendidikan formal memiliki karakter yag baik?  Menurut saya kurikulum yang mampu mengimplementasikan pendidikan adalah kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran yang sudah ada di sekolah, dan tidak terbatas pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, maupun IPS. selanjutnya, dapat juga dilakukan dengan cara menjadi bagian yang melekat dalam kurikulum muatan lokal, atau dapat juga dimasukkan dalam pembiasaan diri dengan kebudayaan di sekolah. Misalnya kebersihan, upacara, kegiatan ekskul, dan pengembangan diri, yang semua itu merupakan aksi yang nyata. Serta yang tak kalah pentingnya adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia sebagai makhluk Tuhan yang maha kuasa yang tak boleh saling merusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar