Rabu, 19 Januari 2011

cerpen islami

Ramadhan Cinta
Oleh : Rara Oktaria Nanda


            Hari ini terik mentari terasa begitu menyengat, aku terduduk sendiri di koridor  depan kelasku, sedangkan teman temanku disibukkan dengan PR mereka, dan lagi lagi bukuku yang jadi korbannya.
            “Lisa!” Aku kenal persis suara itu. Aku menengok kebelakang, kulihat sesosok Feby berdiri dibelakangku dengan sebungkus snack ditangannya.
            “Boleh gua duduk disitu?” Aku tak langsung menjawab, tak tahu mengapa bibirku terasa berat untuk mengcapkan kata ‘YA’. Jantungku terasa berdebar saat aku menatap wajah manisnya, ya Allah apa ini? Cepat kulempar pandanganku dan jatuh kearah sebungkus snack yang dipegangnya.
            “Mau?” Tawar Feby menyodorkan bungkus snack itu. Lalu, segera duduk disampingku.
            Jantungku semakin berdebar kencang! Tak salah lagi, cupid telah menancapkan panahnya tepat dijantung hatiku!
            Sejak insiden ‘Dolphin Cupid’ itu, begitu teman temanku menyebutnya, hatiku terasa tak karuan. Hari itu Feby memberiku boneka dolphin didepan teman temanku, dan mengatakan bahwa ia ingin menjaadi pacarku. Saat itu aku hanya diam tanpa menjawab apaapun.
            Tapi aku tak tahu pasti, hari ini hatiku justru berteriak memberontak seakan meminta insiden itu terulang.
            Ya tuhan jangan biarkan hati ini jatuh, kenapa aku ini? Aku tak boleh melupakan semua janjiku untuk tidak berpacaran.
            “Hei!” Feby membuyarkan segala pikirku.
            “Dua hari lagi kita puasa lho, ambillah! Hitung hitung ini hari terakhir lo bisa makan dari tangan orang keren kaya gue.” Kata kata angkuh bin narsis keluar dari Feby, aku hanya mengangguk dan tersenyum sembari mengambil sedikit snack itu.
            Feby memperhatikanku dalam, aku tak tahu apa yang salah dari wajahku.
            “Hei…! Perlu gua suapin?” aku sangat sangat terkejut dengan kalimatnya itu, sepontan aku segera menggeleng.
            “Gua ga bakal marah kalo lo ambil banyak kok! Lo kenapa? sariawan?” Ya tuhan, apa maksud semua ini? Tak sedikitpun ia kaku didepanku, apa secepat itu rasa nya padaku berubah??
***
            Mall terlihat begitu ramai H-1 Ramadhan disibukkan dengan berbagai persiapan, aku berjalan kearah botolan syrup-syrup yang terpajang rapi, mataku tertuju kearah syrup berwarna ungu, persis warna favorite ku.
            Tiba-tiba tangan lain menyentuh tanganku ingin mengambil syrup yang sama.
            “Lisa?? Lo disini juga?” aku terperanjat menyaksikan Feby berdiri tepat didepanku, dengan tangan yang menyentuh tanganku.
            “I…iya..!” Aku melirik kearah tanganku dan tanganya yang menyatu.
            “Ya ampun, sorry yah..! tadinya gua pengen ambil syrup anggur ini, tapi tinggal satu! Buat lo aja deh! Lo suka banget anggur kan?” Ujarnya terlihat begitu manis dengan gayanya yang khas supel.
            “Buat lo aja deh! Lo pasti disuruh nyokap lo kan? Nyokap lo kan juga suka banget sama anggur!” Tolakku yang tahu persis kesukaan Tante Indri, ibunda Feby yang sempat menjadi tetanggaku setahun terakhir.
            “Gua bisa cari ketempat lain kok! Gua bawa motor, sedangkan lo kan naik taksi!” wajahku mendadak kecut mendengar alasan dari Feby yang seolah menyindirku yang tak bisa mengendarai motor.
            “Atau lo ikut gua ke mall yang persediaan syrup anggurnya lebih banyak? Jadi tak ada yang harus mengalahkan?” tawar Feby yang segera menetralisir kecut diwajahku, aku segera mengangguk, akupun terasa begitu antusias menyetujuinya.
***
            Permainan apa lagi ini? Feby bukannya mengantarku pulang tapi justru membawaku kerumahnya. Aku jadi menyesal menerima tawaranya untuk diantarkan pulang, lain kali meski ada eskul yang selesai sore, aku tetap akan menolak ajakan Feby dengan seribu alasan.
            Seolah tak ingat bahwa ia membawa seorang tuan putri kerumahnya, Feby terus jalan, melewati ruang ruang yang tak ku kenal, aku hanya diam mengikuti langkahnya.
            Sembari berjalan, mataku liar memperhatikan pajangan-pajangan yang tertata rapi almari, serta foto-foto saat Feby kecil. Tiba tiba mataku tertuju pada satu foto berukuran 10 R yang berbingkai warna abu-abu, siapa itu??? Aku?? Oh tidak! Itu aku dan Feby saat kecil! Kenapa ia memajang foto yang sama sekali kuanggap tak lucu! Feby merangkulku sembari tersenyum, untung saja itu foto saat kami kecil, jadi tak semua orang mengenali bahwa itu aku, jika tidak hancur sudah! Apa kata teman teman jika mereka berkunjung kerumah Feby??
            “Kenapa lo? Pengen kaya gitu lagi??” Feby menghampiriku yang terdiam tepat didepan foto itu. Aku menoleh kearahnya, kutatap matanya dengan sedikit amarah!
            “Hei, calm girl! Gua ngga bakal ngerangkul lo, sebelum lo halal buat gue! Lagian juga ga bakal lama lagi!” Ucap Feby membuatku bertanya-tanya akan makna dari perkataannya itu.
            Feby segera mengambil langkah menjauh dari ku, aku mengikutinya cepat.
            “Feby! Maksud lo a..” Kalimatku terpotong, saat aku menyaksikan ayah bunda ku duduk dalam satu meja dengan ibunda Feby. Apa ini? jawaban dari perkataan Feby? Oh, no! aku tak berharap sedikitpun bahwa nantinya aku dijodohkan dengan Feby!
Buka puasa perdana di rumah Feby malam ini, terasa tegang bagiku, sejak awal aku dan Feby hanya bungkam, hanya ayah bunda dan Tante Indri yang terus-terusan berbincang.
“Oh ya? Bagaimana Feby? Kamu sudah cerita semua ke Lisa? Kalian sudah cocok belum?” Aku berhenti mengunyah sejenak mendengar pertanyaan dari bunda, aku makin bingung akan maksud dari semua ini, kalimat itu seakan memperjelas bahwa aku dan Feby memang dijodohkan.
“Belum tante, soalnya Lisa selalu grogi kalo ketemu Feby, yah… kaya liat artis gitu tante!” Ucapan Feby membawa tawa ke meja makan kami, tapi aku hanya tersenyum dengan pipi bersemu merah, mataku terasa berpijar bagaikan lampu neon lima belas watt, hatiku pun sibuk merangkai kata-kata yang berterbangan otak melebihi kapasitas, tapi semua tertahan ketika aku ingin mengucapkannya.
“Ayah, bunda, tante Lisa permisi dulu ya!” Aku bingung harus bertindak apa, tiba-tiba saja inisiatif keluar dari otakku, kuloroh sakuku mencapai hanphone-ku, dan segera menelpon Mita.
“Apa? Lo dijodohin sama Feby Play Boy itu? Ga salah ortu lo?” Mita terdengar kaget luar biasa.
“Kaya nya sih gitu! Tapi gua juga ga tahu pasti!” Ujarku lirih.
“Kenapa lo disini?” Tiba-tiba Feby datang menyusulku, spontan aku langsung mematikan hanphone-ku dan menyimpan nya kembali.
Aku merasa kaku dan sedikit takut, tapi tak tahu angin apa yang membuat Feby tampak lebih lembut dan sopan dari biasanya.
“Lo takut sama gua? Kenapa? Karena gua suka mutusin cewek? Karena itu juga lo tolak gua?” Feby duduk pada anak tangga yang berbeda satu tingkat dariku.
“Gua tahu, gua keterlaluan! Tapi karena kekaguman gua sama lo, gua jadi belajar banyak dari lo! Gua juga sempat nguping pembicaraan lo sama Mita beberapa minggu lalu dimanaa lo bilang, kalo ga ada pacaran dalam kamus hidup lo, it’s okay… karena itu juga waktu itu gua nekat nembak lo, meski akhirnya gua ditolak!” Feby tersenyum sendiri dengan ceritanya itu, aku mencoba mendongakkan kepala menatap ekspresi wajahnya, kuperhatikan tingkahnya, aku tak tahu itu adalah akting atau nyata, aku mencoba membedakannya, tapi sungguh, keyakinan bahwa itu adalah kebenaran bukanlah hal yang salah lagi.
“Gua terima kok kalo lo ga terima gua sebagai orang yang special buat lo! Karna gua emang ga pantas!” Tiba-tiba kalimat yang terasa aneh bagiku keluar dari mulut Feby.
“Tapi, bukannya lo dijodohin sama gua?” Tanpa kontrol kalimat konyol itu keluar dari mulutku. Namun justru kali ini Feby yang terlihat sangat heran dengan pertanyaanku tersebut.
“Bukannya itu tujuan lo bawa gua kesini?” Aku kembali melontarkan pertanyaan.
“Ini? Gini nih! Nyokap lo nawarin agar lo jadi penulis tetap di salah satu tabloid gua.Eh, maksud gua, gua pimred di tabloid itu!” Jawaban Feby membuatku sangat merasa malu, aku tertunduk kaku.
“Udah yuk kita masuk!” Aku dan feby pun beranjak dan kembali kemeja makan.
***
            “Dari mana aja kalian? Ga baik lo kalo lagi makan ditinggal!” Ujar Ibunda Feby yang tengah membereskan meja makan, ya ampun selamaa itukah kami pergi, sehingga semua telah selesai? Lalu mana jatahku? Aku kan masih lapar!
            “Ini nih ma! Masa Lisa mengira kalo kami akan dijodohkan? Makanya sejak tadi dia hanya diam hahaha…” Tawa Feby seolah ditujukan untuk mengejekku.
            “Ato jangan-jangan dia ngarep lagi nih ma!” Seru Feby yang makin membuatku gusar.
            “Tapi tante, Feby sudah pernah nyatain cintanya, trus Lisa tolak!” Keberanian yang sama sekali tak terencanakan itu mendadak muncul, sepontan ayah, bunda, dan Tante Indri melirik kami berdua, lalu saling beradu pandang, yang kemudian dilanjutkan dengan mentertawakan kami berdua. Atau, hanya aku sendiri?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar