Rabu, 19 Januari 2011

perkembangan peserta didik (Rineka Cipta)

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

BAB II

1.      Coba jelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan!
2.      Sebutkan cirri-ciri pokok pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja!
3.      Pertumbuhan fisik mempengaruhi  perkembangan sosio-psikologis anak.Berikan keterangan singkat pengaruh itu dalam bidang:intelek,bahasa,emosi dan sosial!
4.       Ada berapa pendapat tentang arti remaja.Sebutkan ciri pokok remaja menurut pandangan masyarakat Indonesia.Bagaimana pengertian itu jika dibandingkan dengan pandanga dunia yang dikemukakan oleh WHO?
5.      Bagaimana orang memandang berbagai bentuk pemenuhan kebutuhan dan kepuasaan seksual yang disalurkan dalam berbagai bentuk ,seperti onani atau masturbasi?

JAWAB
  1. Dalam hakikatnya pertumbuhan dan perkembangan itu saling bergantungan satu sama lain,kedua proses proses ini tidak bisa dipisahkan,namun keduanya ini memiliki pengertian yang berbeda yaitu:
a.      Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat,dalam waktu tertentu.Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah) yang proses aktif secara berkesinambungan.
b.      Perkembangan adalah tahapan atau proses  perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan,perkembangan juga dapat di lukiskan sebagai sutau proses yang kekal dan tetap menuju kearah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang tinggi.

  1. Ciri-ciri pokok nya adalah dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya remaja mengalami perubahan-perubahan yang khusus ,penuh gejolak karena pada pertumbuhan fisik terjadi ketidakseimbangan.Misal:Mengalami menstruasi bagi perempuan,dan mimpi basah bagi laki-laki.
  2. Pengaruh dalam bidang :
a.      Intelek: Sangat berpengaruh terhadap kecerdasan atau kemampuan seorang anak dalam berpikir.
b.      Bahasa: Sebagai alat komunikasi,dimana seorang anak seiring berjalannya masa pertumbuhan dan perkembangan mampu mengeluarkan kata-kata (bahasa) sedikit demi sedikit walaupun terkadang sulit untuk dimengerti.
c.       Emosi: Untuk mendapatkan simpati ketika seorang anak bisa merasakan senang,puas,lega,kecewa,dan lain-lain.
d.      Sosial: Dimana seorang anak bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
4    Dalam pandangan masyarakat Indonesia di nyatakan bahwa pada umur 11 tahun seorang anak menginjak masa remajanya,dimana pada umumnya tanda-tanda seksual sekunder mulai tampak (kriteria fisik),dan pada usia 24 tahun merupakan batas maksimal yaitu untuk memberi pulang bagi mereka yang sampai batas usia masih menggantungkan diri terhadap orang lain, belum mmpunyai hak-hak penuh sebagai orang dewasa.Sedangkan menurut pandangan WHO menetapkan batas usia 19-20 tahun sebagai batasan usia remaja,WHO menyatakan walaupun definisi diatas terutama didasarkan pada usia kesuburan (fertilitas) wanita,batasan tersebut juga berlaku untuk pria,dan WHO membagi kurun usia dalam dua bagian yaitu remaja awal 10-14 tahun dan remaja akhir 15-20 tahun.
5.   Gejala onani atau masturbasi timbul karena rangsangan kematangan seksual dan dorongan untuk mendapatkan kepuasan,yang dilain pihak merupakan tindakan untuk menghindari larangan sosial dan hukum.





BAB III
1.      Kemukakan arti dan ciri-ciri pertumbuhan remaja?
Jawab :
·         Pertumbuhan remaja merupakan perubahan/pergantian dimana pada saat itulah terjadi ketidakseimbangan.Ciri-ciri nya adalah seperti ukuran badan menjadi lebar dan tinggi,mulai berfungsinya alat-alat reproduksi (ditandai dengan haid pada wanita dan mimpi basah pada laki-laki) dan tanda-tanda kelamin kedua yang tumbuh.
2.      Mengapa pertumbuhan fisik setiap individu berbeda-beda?
Terangkan dengan singkat menggunakan bahasa anda sendiri!
Jawab :
·          Pertumbuhan fisik setiap individu berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ;kebutuhan makanan,gizi,vitamin,olahraga dan perbedaan hormon pada individu itu sendiri.Tapi ada juga suatu faktor yang sangat mendukung yaitu faktor keturunan,dimana faktor ini sangat berpengaruh untuk menentukan pertumbuhan fisik si anak.
3.      Sebutkan beberapa pengaruh pertumbuhan fisik terhadap perilaku remaja?
Jawab :
·         Perilaku yang canggung dalam proses penyesuaian diri remaja
·         Isolasi diri dari pergaulan
·         Perilaku emosional seperti gelisah dan mudah tersinggung serta “melawan” kewenangan.




4.      Mengingat ciri dan pengaruh pertumbuhan remaja terhadap perilaku remaja,apa yang perlu di lakukan oleh pendidik dalam proses pendidikan untuk membantu pertumbuhan remaja?
Jawab :
·         Yang perlu dilakukan oleh pendidik dalam proses pendidikan untuk membantu pertumbuhan remaja yaitu dengan cara mendidik/mengarahkan peserta didik dengan baik secara tegas,karena saat-saat pertumbuhan remaja terjadi ketidakseimbangan yang perlu diatasi dan itu sangat memerlukan perhatian khusus para pendidik agar peserta didik bisa menjadi stabil dan seimbang.

6 komentar: