Rabu, 19 Januari 2011

perkembangan peserta didik (Rineka Cipta) BAB IV

1.      Bila tes intelegensi dilakukan, dan untuk apa seseorang atau mungkin lembaga perlu mengetahui tingkat intelegensi (1Q)
Jawab  : tes intelensi akan bermanfaat untuk:
a.       Bagi diri sendiri
o   Dapat mengeluarkan potensi secara mandiri
o   Marencanakan masa depan
o   Menentukan tugas atau kegiatan
b.      Bagi orang tua
o   Dapat memotivasi anak berprestasi secara cepat
o   Dapat menggali lebih banyak potensi anak untuk menentukan prestasi mana yang dapat lebih mudah dan cepat dikembangkan
c.       Bagi guru
o   Dapat memahami kekurangan dan kelebihan individu
o   Penempatan dan penyaluran bakat
o   Lanjutan studi
d.      Bagi lembaga sekolah
o   Untuk perbandingan antara prestasi dan potensi. Dimana prestasi ditunjukan oleh rapor dan potensi ditentujukan dengan nilai IQ
o   Memantau kenaikan/ penurunan kualitas psikologi SDM secara menyeluruh
o   Akreditasi dari bsebuah llembaga pendidikan dari data mengenai kualitas intelegensi
o   Keunggualan sebuah lembaga akan mudah tersiar/ terkenal jika dipenuhi oleh pendidik dan siswa unggul
2.      Kita menyadari bahwa intelek seseorang berbeda-beda. Factor apa yang menyebabkan perbedaan itu?
Jawab  : tingkat intelek seseorang dipengaruhi oleh factor internal dan eksternal, dimana factor internal meliputi minat, motif berprestasi/ keinginan berprestasi, keberanian mengambil resiko, keuletan, dan unsure genetic, sedangkan factor eksternal mencakup latihan, kesempatan maksimal untuk mengembangkan diri,  sarana dan prasarana, dukungan dan dorongan, lingkungan tempat tinggal, pola asuh orang tua.
3.      Kesulitan apa yang dihadapi remaja dalam usaha menyesuaikan diri terhadap kehidupan masyarakat luas? Mengapa mereka membentuk kelompok-kelompok remaja?
Jawab  : masalah umum yang dihadapi oleh remaja adalah factor penyesuaian diri. Didalam kelompok besar akan akan terjadi persaingan yang berat, masing-masing individu bersaing untuk tampil menonjol, memperlihatkan ‘aku’ nya oleh karena itu sering terjadi perpecahan.  Remaja membentuk kelompok karena banyak remaja yang amat percaya pada kelompok mereka  dalam menentukan jati dirinya. Remaja sering merasa mendapat persetujuan dan penerimaan dari teman sebaya.
4.      Perkembangan kemampuan bahasa dan perkembangan intelek mempunyai hubungan (korelasi) tinggi. Terangkan apa maksudnya.
Jawab  : Perkembangan kemampuan bahasa dan perkembangan intelek mempunyai hubungan (korelasi) tinggi. Seseorang yang rendah kemampuan berfikirnya akan mengalami kesulitan dalam menyusun kaluimat yang baik, logis, dan sistematis. Hal ini berakibat sulitnya berkomunikasi.
5.      Bagaiman mengenali bakat seseorang (yang bukan tes bakat)? Apa bakat anda, dan jelaskan mengapa anda menyebut bakat itu.
Jawab  : cara mengenali bakat seseorang (yang bukan tes bakat) adalah dengan cara memperhatikan cirri bakat saat kecil, pada bidang apa karya anda diakui oleh lingkungan,  dari cepat lambatnya belajar merupakan bahwa anda berbakat pada bidang tersebut, kepuasan yang terlihat pada cirri-ciri kita berada di jalur benar adalah kalau kita merasa puas dengan apa yang kita lakukan. Bakat saya adalah menulis karena sejak kecil tulisan pada buku harian saya diakui oleh lingkungan  bahwa lebih dari anak seusia saya, dan pada saat menul;is saya lebih mendapat kepuasan dibandingkan mengutarakan pikiran saya melalui berbicara secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar